Survey dan Konsultasi

Selasa, 18 Maret 2014


Banyak diantara kita yang berniat membangun rumah atau renovasi rumah dihinggapi rasa ragu dan bingung menentukan mau memulai dari mana, bagaimana bentuk bangun rumah yang diinginkan, dan jasa kontraktor bangun rumah (kontraktor rumah) atau pemborong bangunan mana yang akan kita percayakan untuk mengerjakan pembangunan atau renovasi rumah idaman yang sesuai dengan selera dan keinginan kita.

Bila kita sendiri cukup mempunyai pengetahuan dan keahlian dalam hal konstruksi dan desain bangun rumah mungkin kita dapat mencoba membuat sendiri konsep awal, rancangan, dan desain rumah kita tanpa bantuan jasa kontraktor bangun rumah atau pemborong bangunan. Kemudian kita mencari tukang bangunan sendiri untuk mengerjakannya dan melakukan pengawasan maupun memanage keuangannya. Tetapi tentunya hal tersebut akan banyak membutuhkan pengorbanan dari kita baik dari segi waktu, maupun kerepotan yang ditimbulkannya, yang dapat menyebabkan kita tak dapat melakukan aktivitas-aktivitas sehari-hari dan hanya direpotkan dengan urusan pekerjaan pembangunan rumah tersebut.
Disinilah sebenarnya fungsi dari penyedia jasa kontraktor bangun rumah atau pemborong bangunan tersebut dimana mereka  memang melayani jasa untuk membangun atau renovasi  rumah yang kita inginkan mulai dari tahap perencanaan hingga pelaksanaan pekerjaan pembangunan rumah itu sendiri.

Konsultasi dan Survey Gratis | Jasa Kontraktor Bangun Rumah

Beralih ke jasa kontraktor bangun rumah atau pemborong bangunan tersebut, pada umumnya layanan renovasi atau bangun rumah mereka memiliki beberapa tahapan yaitu;
  • Tahap konsultasi dan survey lokasi, yang merupakan tahap paling awal dan paling menentukan dalam suatu proses renovasi atau pembangunan rumah. Pada tahap survey dan konsultasi inilah akan terjalin suatu komunikasi antara pihak penyedia jasa kontraktor bangun rumah atau pemborong bangunan dengan pemilik bangunan hingga menghasilkan suatu kesepakatan dan saling pengertian. Sang kontraktor bangun rumah akan dapat mengerti dan memahami keinginan sang pemilik rumah akan bentuk dan detail bangunan yang akan dibuat atau direnovasi yang akan dijadikan acuan untuk melangkah ke tahap selanjutnya, sedangkan sang pemilik rumah akan dapat mengenal lebih jauh sang kontraktor bangun rumah hingga akhirnya akan dapat memutuskan apakah akan mempercayai sang kontraktor rumah tersebut untuk melaksanakan pekerjaan renovasi atau pembangunan rumah miliknya atau tidak, dan memutuskan untuk mencari kontraktor lain.
  • Tahap desain dan perencanaan, merupakan tahap lanjutan setelah tahap konsultasi dan survey lokasi dimana akan diperoleh output berupa desain rumah yang akan dibuat beserta rencana anggaran biaya (RAB).
  • Tahap pelaksanaan pekerjaan renovasi atau bangun rumah, yang merupakan tahap paling akhir dan paling krusial dimana pada tahap inilah pekerjaan renovasi atau pembangunan rumah dilaksanakan dan akan menghasilkan suatu bangunan rumah yang kita inginkan.
Dari tahapan-tahapan yang disebutkan di atas, ada satu tahapan yang sebetulnya tidak memerlukan biaya sama sekali tetapi justru sangat penting serta menentukan yaitu Tahap Konsultasi dan Survey Lokasi. Walaupun ada beberapa kontraktor bangun rumah yang berperan juga sebagai konsultan, mengenakan tarif/biaya atas jasa konsultasinya, tetapi banyak pula kontraktor rumah yang tidak mengenakan biaya (gratis) untuk layanan survey dan konsultasi sebagai bagian terintegrasi dari layanannya.
Pada tahap ini dapat dikatakan sangat penting karena dari hasil survey dan konsultasi inilah akan didapat suatu gambaran yang jelas mengenai bentuk bangun rumah yang akan direnovasi atau dibangun, dan bagi sang pemilik rumah sendiri seperti telah disebutkan di atas akan dapat lebih mengenal dan mengetahui kredibilitas, profesionalisme serta kejujuran sang kontraktor rumah hingga dapat lebih yakin untuk memutuskan apakah akan tetap memakai sang kontraktor itu atau mencari jasa kontraktor bangun rumah lainnya.
Oleh karena itu janganlah disia-siakan layanan survey dan konsultasi gratis yang diberikan oleh penyedia jasa kontraktor bangun rumah. Gunakan kesempatan itu sebaik-baiknya dan manfaatkan untuk dapat lebih mengenal kredibilitas, profesionalisme serta kejujuran kontraktor rumah yang akan mengerjakan bangun rumah yang kita impikan.
Jangan ragu untuk meminta  survey lokasi dan berkonsultasi dan jangan pula ragu untuk mencari kontraktor rumah lain, bila ternyata kontraktor bangun rumah yang ada tidak dapat menunjukkan kredibilitasnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright 2010-2011 adibangunsejahtera.blogspot.com All Rights Reserved.
| Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.